Minggu, 31 Juli 2011

PWI Sukabumi Akan Tampil Lebih energik dan Inovatif

SUKABUMI - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Kabupaten Sukabumi Heddi Suhaedi mengatakan, sebagai konsekuensi terbitnya undang – undang Nomor : 40 tahun 1999 tentang pers, kehidupan pers baik dalam lingkup nasional, regional maupun lokal spektrum ancaman dan tantangannya semakin komplek.
        Dengan begitu mudahnya orang menyandang profesi wartawan, tidak dapat dihindari jumlah wartawan tumbuh subur. Fakta ini, menurut Heddi, disisi lain menimbulkan persoalan dan gangguan yang mengancam citra profesi wartawan, tapi disisi lain merupakan potensi yang harus dijaga agar kebebasan pers berjalan sehat, seimbang, efektif, beretika dan berkembang secara dinamis.
       Kecendrungan turunnya citra profesi wartawan, paparnya, apabila dibiarkan akan terus melaju dan membahayakan kebebasan pers. Perkembangan kehidupan pers yang sangat cepat dan dinamis ini, membutuhkan kemampuan untuk dapat memprediksi dan merespon berbagai perubahan yang cepat dan akurat.
       Perkembangan situasi kebebasan pers yang semakin kompetitif dengan banyak lahirnya organisasi – organisasi profesi wartawan, serta pesatnya kemajuan teknologi informasi menuntut perhatian serius berbagai pihak terlebih praktisi pers.
       Persatuan Wartawan Indonesia PWI, kata Heddi, sebagai salah satu organisasi profesi wartawan yang telah dinyatakan lolos verifikasi organisasi wartawan oleh Dewan Pers, harus bangkit dan melakukan refleksi dengan terus menumbuhkan rasa keprihatinan terhadap citra profesi wartawan yang terpuruk.
      PWI yang memiliki pengalaman sangat panjang dalam kehidupan pers, sangat bermakna dalam mengawal kebebasan pers dan menjaga citra positif profesi wartawan. Untuk ini, PWI harus senantiasa dalam kondisi sehat, kuat dan dinamis.
     Disebutkannya, PWI perlu menguatkan kelembagaan untuk merevitalisasi pergerakan. Penguatan kelembagaan ini, harus dilakukan dalam berbagai aspek. Yang pertama, penguatan kepemimpinan dan kedua, penguatan nilai historis perjuangan PWI dalam mewujudkan wartawan profesional, berwawasan dan bertika.
      Kehadiran PWI di kabupaten sukabumi, kata Heddi, tentu saja harus memberikan makna dan konstribusi positif, dan tidak menjadi beban baru bagi pemerintah daerah dan warga kabupaten sukabumi. Setidaknya, PWI harus berperan aktif dalam menciptakan kemerdekaan pers yang bertanggung jawab, profesional dan bermartabat.
      " Kami tidak akan berhenti mendorong profesionalisme wartawan yang bertugas di Kabupaten Sukabumi. Karena itu, kami akan selalu membuka pintu dan kesempatan bagi wartawan mana saja tanpa melihat latar belakang suku, ras, golongan dan afilisia politik untuk bergabung di PWI Perwakilan Kabupaten Sukabumi, " ucap Heddi.
      Bahkan, lanjutnya, dalam memperkuat basis dukungan terhadap organisasi PWI, akan dilakukan pendekatan secara terus – menerus kepada wartawan pemula dan lembaga – lembaga masyarakat dan pemerintah.
      PWI Perwakilan Kabupaten Sukabumi, akan berusaha tampil lebih inovatif, energik dan kreatif serta mampu malahirkan terobosan, perbaikan sistim dan pergeseran paradigma serta menerapkan prinsip – prinsip manajemen organisasi modern dan mutakhir yaitu akuntabilitas, responsilibitas dan transparan serta malakukan penguatan prestasi, dedikasi, loyalitas dan tidak tercela dalam memilih pemimpin organisasi, sehingga nantinya akan menumbuhkan semangat bagi anggota untuk menjaga citra positif organisasi PWI.
      Dipaparkannya, dinamika sebuah organisasi profesi wartawan dalam wemujudkan tujuannya, turut ditentukan oleh kualitas dan dinamika kegiatan organisasi , baik di tingkat pusat maupun di daerah. Kegiatan program organisasi pada level terbawah merupakan ujung tombak bagi terwujudnya tujuan organisasi. (pwi news)

2 komentar:

Dien makmur mengatakan...

Bpk Heddy Shd, Yang terhormat

Ikut menyimak dengan postingan ini

Saya hanya ingin bertanya :
~Persyaratan apa saja yang harus dipenuhi untuk bisa menjadi Wartawan

Salam santunku

PWI Perwakilan Kabupaten Sukabumi mengatakan...

Tergantung media massanya.Bagi wartawan media massa yang profesional persyaratan formal pendidikan minimal S.1 dan bagi wartawan pemula usianya kurang dari 30 tahun

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons